Program  “The Decennial High School Students’ International ESD Symposium Online version 2021 & The 3rd SDGs Global Engagement Conference” diselenggarakan Sabtu, 20 November 2021 (Japan Standard Time) yang diprakarsai oleh Senior High School at Sakado, University of Tsukuba. Kegiatan ini bekerjasama dengan UNESCO, WWL dan UTSS (University of Tsukuba). Kegiatan webinar Internasional ini dihadiri oleh beberapa sekolah yang mewakili Negara di Asia, yakni dari Indonesia, Jepang, Filipina, Vietnam, Nepal, Australia dan Thailand. 

Kegiatan ini diawali dengan Opening Address oleh Dr. Chieko MIZOUE (Vice President, University of Tsukuba), Opening Session oleh Hanano SUZUKI, Isora YAMAZAKI (Siswa dari Senior High School at Sakado, University of Tsukuba) dan dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Dr. Masahisa SATO (Professor, Graduate School of Environmental and Information Studies, Tokyo City University).

Kegiatan ini berupa rangkaian webinar paralel melalui aplikasi zoom dengan pembagian Room A-Room K. Konferensi ini membahas seputar Ethical Consumption Workshop, Think Soybeans, Act SDGs! Workshop, Oral presentations, COVID-19: Its Impacts and Beyond Workshop dan Special session (Agriculture and Sustainability). Sekolah yang menjadi partisipan mewakili Indonesia diantaranya SMAIT UQ Bogor, SMA Labschool Kornita IPB dan UPI Labschool. Siswa/i SMAIT UQ yang bergabung adalah siswa kelompok KIR sebanyak 7 orang dan dan EC (English Club) sebanyak 11 orang. Kegiatan ini juga dihadiri secara online oleh Ari ariansyah, M.Pd mewakili pengurus Yayasan Ummul Quro, Kepala Sekolah SMAIT UQ, Lina Pujiastuti, S.S, S.Pd, dan juga para guru Pembina. 

SMAIT UQ berkesempatan mempresentasikan hasil penelitian siswa dengan judul “ACHASPRAY : FORMULASI SEDIAAN HAND SANITIZER SPRAY BERBASIS LENDIR DAN KITOSAN CANGKANG BEKICOT (Achatina fulica)” . Penelitian ini dipresentasikan oleh Shadrina Nur Isranti, Hanan Mardiyah Mulyana dan Syakira Nisrina Hardianti. Pada awalnya, penelitian ini merupakan penelitian Program Penelitian Ilmiah Sekolah yang pada akhirnya meraih Juara 2 di ajang Internasional pada beberapa bulan yang lalu. Penelitian ini memiliki latar belakang yang sesuai dengan program SDGs (Sustainable Development Goals), sehingga berpeluang untuk dipresentasikan kembali dalam Webinar Internasional. Para partisipan juga aktif bertanya dalam sesi diskusi.

SMAIT UQ juga berkesempatan melakukan FGD (Forum Group Discussion) bersama para Coach dari Jepang langsung. Dalam diskusinya, mereka membahas berkaitan dengan “Soybeans”. Dalam forum ini, terdapat 4 siswa yang mewakili SMAIT UQ, yakni Adilah BM, Nabila Nurhidayati Rahmaningrum, Alif Kurnia Pratama dan Luqman Mohammad Hakim. Kegiatan FGD ini cukup menarik karena menggunakan model Micro Mini Presentation dalam menjelaskan “Soybean” sesuai Negara masing-masing.

Kegiatan ini diakhiri dengan adanya Review oleh Dr. Nakao NOMURA (Associate Professor, University of Tsukuba) dan Closing Session Hanano SUZUKI, Isora YAMAZAKI (Senior High School at Sakado, University of Tsukuba).  Melalui kegiatan ini, SMAIT Ummul Quro berharap, dapat terus menjalin hubungan kerjasama yang baik, terutama bilateral dengan Negara Jepang khususnya dan Negara lainnya umumnya. Siswa/i SMAIT UQ diharapkan dapat mengambil manfaat dan pengalaman yang luar biasa meski masih berada di masa pandemic, namun tetap dapat berkreasi, meski di sudut kamar. Terakhir, siswa/i SMAIT Ummul Quro memberikan kesan diakhir kegiatan Webinar ini, “Such a great Event!, Hopefully it will be continue for us”.

 

 

Share:
Share: