Siswa SMAIT Ummul Quro Bogor, Hanan Mardiyah Mulyana kelas XII IPA 4 dan Shadrina Nur Isranti kelas XII IPA 3 mendapatkan Silver Medal pada kegiatan World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) yang diselenggarakan oleh  Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA), pada 17 – 21 Agustus 2021 secara virtual.

Peserta yang berkompetisi sebanyak 377 team dari 34 negara diantaranya dari Amerika Serikat, Saudi Arabia, Malaysia, Thailand, Turki, Azerbaijan, Korea dan Indonesia sebagai tuan rumah. Peserta merupakan pelajar SMP, SMA dan Universitas. Kategori lomba diantaranya matematika, lingkungan, teknologi, energi dan rekayasa, ilmu kehidupan, ilmu sosial, fisika serta pendidikan.

Hanan dan Shadrina atau biasa dipanggil sasa menyampaikan bahwa penelitian yang mereka beri judul Acha Spray : Formulation of Spray Hand Sanitizer Based on Mucus and Chitosan from Snail Shell (Achatina fullica) ini adalah membuat produk handsanitizer berbahan dasar lendir dan cangkang keong. Lendir keong mengandung zat antiseptik, dan cangkang keong mengandung senyawa kitin yang dapat diproses menjadi kitosan. Kitosan memiliki sifat antibakteri. Penelitian ini mengkombinasikan antara cangkang dan lendir, setelah itu dilakukan beberapa pengujian. Hasil uji antibakteri terhadap bakteri S.Aureus dan E.Coli menunjukkan bahwa baik kitosan, lendir dan campuran kitosan dan lendir termasuk kategori kuat dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan produk spray gel efektif membunuh E.Coli dan S.Aureus dengan persentase 99%.

Suka duka nya saat ikut lomba, Karena covid 19, maka akses keluar rumah menjadi terbatas. Kemudian saat akan melakukan uji anti bakteri kesulitan mencari laboratorium, banyak lab tutup. Saat mencari bahan juga terkendala karena sekolah di PJJ kan. Akhirnya jadi menggunakan jasa orang lain untuk mencari keong nya. Kerjasama tim juga terhambat karena tidak bisa bertemu langsung.

Tapi Alhamdulillah, dengan kemauan yang tinggi akhirnya semua kendala dapat teratasi dan penelitian selesai dengan baik.

Sebagaimana tujuan dari diselenggarakannya acara ini yaitu memberikan kesempatan bagi para remaja untuk memamerkan karya mereka serta meningkatkan kualitas dan jenis karya yang telah berkontribusi pada perkembangan dunia, Semaga Hanan dan Sasa dapat memotivasi para siswa lainnya untuk dapat berkontribusi bagi perkembangan dunia dan memberi manfaat untuk orang banyak.

Share:
Share: