Menjelang Munas Nasional  V, Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia mengadakan Lomba Simulasi Pembelajaran jarak jauh di masa pandemic yang diikuti oleh para guru SIT dari Seluruh Indonesia. SIT Ummul Quro Bogor, ikut berpartisipasi dengan mengirimkan beberapa video dari para gurunya. Alhamdulillah, dua orang guru mewakili Provinsi Jawa Barat untuk dilombakan di tingkat nasional. Bersyukurnya kami, keduanya mendapat Juara di Tingkat Nasional. Juara kedua, diraih oleh Ratnasari Kurnia Hastuti, Juara ketiga Komarudin.


Sosialisasi dan pengiriman video dari peserta kepada panitia di awal Maret 2021, dan diupload di akhir maret ke You Tube. Lomba dilakukan berjenjang, para peserta berkompetisi dulu di tingkat Provinsi, kemudian ditentukan para Juaranya untuk dilombakan kembali di tingkat nasional.


Instrument yang harus ada di dalam video yang akan dilombakan mencakup pengeloaan kelas virtual , pengkondisian kelas/apersepsi, strategi pembelajaran yang menarik sehingga siswa senang, aktif, selain ada interaksi guru dan siswa, ada interaksi siswa dan siswa, pengkodisian dari awal sampai akhir KBM virtual. Perlu juga diperhatikan Tahapan TERPADU nya yang jelas dan sistematis, karena makna terpadu di Sekolah Islam Terpadu adalah memadukan nilai Islam dengan materi pembelajaran, internalisasi nilai islam yang disampaikan harus “nyambung” dengan materi, disertai juga penanaman aqidah dan akhlak, selain memunculkan aspek Duniawi tidak melupakan aspek Ukhrowi. Kualitas video juga harus baik.
Selain itu, video yg diupload di You Tube juga harus mendapatkan jumlah viewer dan like yang banyak.


Lomba ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru dalam melakukan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi.

Share:
Share: