MENU

Ummul Quro Science Fair (UQSF) 2020

Ummul Quro Science Fair (UQSF) 2020

Ummul Quro Science Fair (UQSF) 2020 merupakan rangkaian acara dari program Pro-PIL (Program Penelitian Ilmiah) (1/02), yang diwajibkan bagi kelas 11, baik program IPA maupun IPS. Pro-PIL yang rutin dilaksanakan tahunan oleh SMAIT Ummul Quro Bogor ini adalah gelaran yang ke 8.

Dalam agenda UQSF ini, siswa kelas 11 memamerkan hasil penelitian mereka dalam stand expo. Mereka akan menyajikan desain semenarik mungkin untuk menunjukkan bahwa proyek penelitian mereka adalah yang terbaik.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak bulan Sepetember 2019 yaitu sosialisasi dan pembekalan terkait penelitian ilmiah. Dilanjutkan dengan proses penelitian dan pengumpulan data pada rentang Oktober hingga Desember. Sementara penulisan laporan dan penilaian dilakukan pada bulan Desember 2019 hingga Januari 2020.

Dan puncaknya, presentasi hasil penelitian digelar pada Sabtu lalu (1/02) dalam Ummul Quro Science Fair 2020.

Ketua pelaksana kegiatan ini, Zulaikha, Msi., menyampaikan bahwa tujuan dari UQSF adalah untuk mengasah multiple intelligent dari peserta Pro-PIL,

"Kegiatan ini dilaksankan untuk melatih skill berfikir secara kritis, memecahkan masalah secara terstruktur,  serta dapat menuangkannya dalam tulisan ilmiah sebagai bekal menghadapi tantangan di masa depan. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab, pantang menyerah dan terampil dalam memanajemen waktu, tenaga dan mengelola emosi." tutur ibu yang biasa dipanggil Ika ini.

Meski sejak pagi diguyur hujan dilokasi gelaran UQSF, namun tidak menyurutkan antusiasme pengujung stand expo. Baik peserta propil itu sendiri, seluruh siswa-siswi SMAIT Ummul Quro, orang tua, dewan guru, dan pengunjung stand secara umum tetap menunjukkan respon positif dan antusiasme yang luar biasa.

Salah satu peneliti yang menjadi juri dalam UQSF ini, Berti Kumalasari, S.Si, M.Si merasa sangat bangga dengan capaian yang telah diraih oleh para peneliti muda seperti ini.

"Saya merasa sangat beruntung bisa membaca, melihat dan mendengarkan hasil penelitian dari teman-teman siswa kelas XI SMAIT Ummul Quro. Mereka sangat luar biasa, kreatif dan percaya diri. Kemampuan mereka saat ini bisa menjadi dasar yang kokoh untuk masa yang akan datang. Di usia mereka yang terbilang muda, mereka bisa membuktikan bahwa mereka memiliki daya pikir yang brilliant. Mereka hebat. Meskipun, masih ada kekurangan tapi jika dibandingkan dengan jenjang pendidikan mereka saat ini, hasilnya bagus sekali. Saya bangga dengan prestasi dan keberanian mereka."

Selanjutnya Berti berpesan, agar kemampuan meneliti siswa harus terus ditingkatkan, "Teruslah tumbuh dan berkembang dengan kreatifitas tanpa batas. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut, sebagai salah satu wadah bagi siswa untuk belajar bekerja dalam tim dan meningkatkan kreatifitas serta daya pikir analitis." pungkasnya.

KOMENTAR