MENU

AKSARA 2019 SMAIT UMMUL QURO BOGOR

AKSARA 2019 SMAIT UMMUL QURO BOGOR

“AKSARA” 20I9 adalah singkatan dari Apresiasi dan Kompetisi Berbahasa dan Bersastra 2019 yang diselenggarakan oleh SMAIT Ummul Quro Bogor sebagai peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tahun. Titik tekan “bahasa” menjadi salah satu item yang dipilih dari tiga ranah Sumpah Pemuda (tanah air, bangsa, dan bahasa). AKSARA ini merupakan acara tahunan SMAIT Ummul Quro yang tahun 2019 ini menginjak tahun ke empat penyelenggaraannya. Adapun tema AKSARA 2019 adalah “Jelajah Jagat Kata dengan Karya” yang sesuai dengan tujuan kegiatan ini, yakni memberikan ruang kreatifitas siswa untuk berkarya dalam bidang bahasa sehingga kepercayaan diri siswa semakin meningkat khususnya dalam memproduksi bahasa.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 1 dan 2 November 2019 dengan melibatkan beberapa guru sebagai panitia dan juri juga memberdayakan para siswa kelas 11 yang terlibat dalam English Club, Arabic Squad dan Pustakawan Muda SMAIT Ummul Quro. Adapun para peserta kegiatan AKSARA 2019 ini adalah semua siswa SMAIT Ummul Quro yang tidak terlibat dalam kepanitian. Pada tanggal 1 November 2019 adalah rangkaian perlombaan yang menandingkan 15 jenis lomba 3 Bahasa. Jenis lomba dalam Bahasa Indonesia adalah pidato, berpuisi, menulis resensi,  menulis essay. Jenis lomba dalam Bahasa Inggris adalah speech, news anchor, writting, debate. Jenis lomba dalam Bahasa Arab adalah khitobah, Taqdimul Qishos, kaligrafi, dan Tarjamah. Pada tanggal 2 November 2019 terdapat puncak acara yaitu Talk Show Literasi dengan mengundang penulis Muda Rezki Firmansyah yang dikenal dengan Passion writter.

Siswa sangat antusias dengan kegiatan ini karena memberi warna tersendiri pada rutinitas siswa yang dalam kesehariannya yang lebih banyak terlibat di dalam kelas. Kegiatan ini seperti oase yang menyegarkan dan menyenangkan.

KOMENTAR