MENU

Membangun Entrepreneur yang Kreatif dan Berjiwa Sosial

Membangun Entrepreneur yang Kreatif dan Berjiwa Sosial

Kamis, 3 Oktober 2019, siswa kelas VII SMPIT Ummul Quro Bogor (UQ), terlibat dalam kegiatan Young UQ Entrepreneurship (YUQSHIP).
Siswa setiap kelas dibagi  menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama berjualan barang bekas layak pakai, kelompok kedua menjual paket bahan pokok murah, kelompok ketiga berjualan makanan dan minuman.


Kelompok pertama, bekerja menyortir pakaian dan barang bekas yang dikumpulkan oleh para orangtua siswa sejak 1,5 bulan yang lalu. Kegiatan menyortir sudah dimulai sejak 2 minggu sebelum acara. Pakaian dan barang bekas yang tidak layak, dibuang, yang layak pakai akan disortir lagi untuk dipilah berdasarkan kualitasnya. Barang dengan kualitas sangat baik akan dihargai 25.000 rupiah, yang paling murah dijual dengan harga Rp. 2000,00. Barang yang dijual cukup berkualitas, bahkan ada barang – barang yang masih baru, diberikan oleh donatur yang sekaligus orangtua siswa.


Kelompok kedua menjual paket bahan pokok seharga Rp. 25.000,00, yang awalnya hanya berisi 2 liter beras, 1 Kg gula, dan 1 liter minyak, kemudian berkat bantuan Forum Persaudaraan Orangtua Murid (FPOM), isi paket ditambah dengan 1 kotak teh celup dan 5 bungkus mie Instant. Paket murah ini dijual dengan cara menukar kupon. Kupon tersebut dibagikan kepada Ibu – ibu anggota Majelis Ta’lim Mesjid Ummul Quro dan warga sekitar.


Hasil keuntungan dari penjualan akan disumbangkan ke Panti Asuhan Darus Sholihin, yang kebetulan berada di sebelah sekolah.
Kelompok ketiga mengolah makanan dan minuman dari bahan dasar Buah dan Sayur, kemudian menjualnya. Kegiatan ini juga merupakan praktek Mapel Prakarya.
Kegiatan ini merupakan pembelajaran dari 3 mata Pelajaran yaitu Mapel Matematika Materi Aritmatika Sosial, belajar untung, rugi, laba dan proses jual beli. Mapel IPS, yaitu Interaksi Sosial dengan masyarakat. Mapel Prakarya, mengolah makanan dari bahan dasar buah dan Sayur.


Tujuan acara ini untuk melatih jiwa Entrepreneur yang kreatif serta mengajarkan pada siswa bagaimana bersosialisali dengan masyarakat, juga menumbuhkan jiwa sosial siswa, ujar Ibu Husnaini selaku penanggung jawab acara.

KOMENTAR