MENU

Belanja Asyik Tanpa Kantong Plastik

Banyak yang belum mengetahui bahwa setiap tanggal 3 Juli diperingati sebagai International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. Perlu diketahui bahwa sejuta kantong plastik digunakan di seluruh dunia tiap menitnya, sementara itu kantong plastik memerlukan waktu ratusan tahun agar terurai. .
 

Hari tanpa kantong plastik menghimbau kepada seluruh dunia untuk bertindak dalam meningkatkan kesadaran pemakaian kantong plastik sekali pakai. Dengan adanya perayaan  hari tersebut, diharapkan kita semua mengurangi penggunaan kantong plastik  dan memahami bahwa sampah plastik merupakan ancaman besar bagi lingkungan. .

Kita semua juga dapat berperan dalam usaha mengurangi polusi plastik ini. Caranya adalah selalu mengingatkan Ayah Bunda untuk membawa kantong belanja sendiri jika ingin berbelanja. Oya, sekarang tempat perbelanjaan modern di kota Bogor sudah tidak menyediakan kantong plastik lagi. tapi tidak ada salahnya untuk tetap mengingatkan agar selalu membawa tas belanja sendiri. Semoga langkah bijak lingkungan ini juga diikuti oleh daerah-daerah lain di Indonesia.

.
Cara lainnya adalah jangan segan dan malu  untuk menolak pemberian kantong plastik dari mbak atau mas penjualnya. Katakan kepada mereka,” Maaf, saya sudah membawa kantong belanja sendiri.” Selain itu sediakan selalu sedotan yang terbuat dari stainless,atau bambu di tas setiap bepergian, terutama apabila hendak ke rumah makan. Kita harus percaya diri untuk mengembalikan sedotan sekali pakai yang telah disediakan oleh restauran. .

 

Sudah saatnya membiasakan untuk menggunakan sedotan sendiri. Kita memakai sedotan hanya beberapa menit, akan tetapi dampaknya bisa bertahun-tahun loh. .

Kadang kita berpikir,” Ah, nggak apa-apa kali, sedotan kan kecil ukurannya.” Bayangkan saja kalau ratusan juta orang berpikir seperti itu, apa yang akan terjadi dengan laut kita?

Marilah kita melakukan perubahan dengan lebih peduli pada lingkungan. Mulailah dari hal yang dianggap kecil dengan selalu membawa kantong belanja sendiri, mulai dari diri sendiri, dan mulailah dari sekarang. Ayo, rasakan asyiknya belanja tanpa kantong plastik.

KOMENTAR