BERITA TERBARU
MENU

Quantum Teaching Reborn#2019

Quantum Teaching Reborn#2019

Alhamdulillah training dan workshop Quantum Teaching Reborn#2019 telah selesai diselenggarakan 30-31 Agustus 2019 kemarin.

Sebanyak 34 peserta yang berasal dari SIT Ummul Quro, SDIT Sholahudin, SMPIT Zaid bin Tsabit, Mts. Insan Taqwa, SDIT Bina Mujtama, SDIT Al Utsmaniyyah, SMP Qur'an As Salam, SIT Kaifa dan SD Islam Cendekia Mulia memperkaya ilmu dalam mengakselerasi diri menjadi GURU bertalenta & mengorkestrasi KBM menjadi menggairahkan siswa.

Guru bertalenta adalah Guru yang Kreatif, punya skill, punya banyak ide bagaimana mengorganisasi dan mengelola Kegiatan Belajar Mengajar dengan baik, asyik dan menarik buat siswa.

Para peserta mempelajari konsep Quantum Teaching, dari mulai Asas dan prinsipnya, mengorkestrasi suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, memahami ragam karakter belajar anak di kelas, sampai bagaimana mendesain dan merancang KBM yang baik dan menyenangkan.

Workshop kali ini para peserta dibimbing oleh dua trainer handal dan praktisi di bidang pendidikan yaitu bapak Eman sulaeman dan ibu Shintawati.

Feeling Introvert (Fi)’ adalah mesin kecerdasan saya. Dengan mesin kecerdasan ‘Feeling Introvert’ yang Allah anugerahkan tersebut saya merasa profesi trainer, motivator menjadi pekerjaan yang saya jalani sekarang ini menjadi selalu menyenangkan dan membahagiakan, ujar pak Eman.

Selama ini sering mengisi public training atau in house training di berbagai lembaga pendidikan, diantaranya FKM Universitas Indonesia, SKI Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta, Sekolah Tinggi Sandi Negara, ASTI Universitas Ibn Khaldun Bogor, SD-SMP Al-Azhar Syifa Budi, Kemang Pratama, Jakarta, SMAKBO Bogor, SDIT Auladi, Palembang, SDIT Cahaya hati, Bukit Tinggi.

Instansi yang pernah bersinergi diantaranya DISNAKER Kota Bogor, Rumah Zakat Indonesia cabang Bogor, JSIT Regional III (Bogor, Cianjur, Sukabumi), SGI Dompet Dhuafa, Bogor.

Untuk materi yang terkait dengan teaching skill guru biasanya melalui pendekatan Quantum Teaching, Multiple Inteligences, serta berbagai pendekatan active learning lainnya.

Membangun karakter dan parenting. Adapun segmentasinya biasanya meliputi guru, siswa, mahasiswa dan orangtua.

Trainer berikutnya adalah Ibu Shintawati, seorang ibu dengan 4 putra ini, menyelesaikan studi S2 di Program Studi Teknologi Pendidikan UIKA Bogor.

Beliau yang telah mengajar sejak 1994 hingga 2006, pernah pula menjadi Wakasek Kurikulum dan Kepala Sekolah di SIT Ummul quro Bogor ini saat ini telah menjadi Kepala bagian Pengembangan Pendidikan dan SDM di Yayasan UQ, karir di yayasan dimulai sejak 2005 hingga saat ini.

Selain di Yayasan Ummul Quro bogor, beliau juga aktif di Jaringan Sekolah Islam Terpadu sejak 2004 dan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Penjaminan Mutu di JSIT Pusat.

Training tingkat nasional yang pernah diikuti diantaranya Workshop dan Pelatihan  Kepala Sekolah SIT Se-Indonesia, Seminar Nasional: Pendidikan Berbasis Pembentukan Karakter sebagai Landasan Kebangkitan Anak Bangsa, Workshop Perumusan Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia, Konferensi Guru Nusantara, Quantum Learning, Quantum Teaching.

Training tingkat internasional yang pernah diikuti Asia Pacific Regional Conference on Islamic Education, Global March to Jerusalem (GMJ) di Jordania, 2ndInternational Islamic Studies Conference di Prince of Songkhla University (Thailand),  4th International Conference on Islamic Education (ICIE) di Lahore, Pakistan, sebagai pemakalah, Training dan Workshop Fundamentals of Inquiry Program for Math Subject di Petrosains Malaysia, Roadmap Of Outstanding Educators (ROOTS) Program, wave 1 and wave 2.

Beliau juga menjadi Trainer  di beberapa pelatihan diantaranya Quantum Teaching, Guru Berkarakter, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Multiple Intelligence, materi ke-SIT-an, juga menjadi Fasilitator ROOTS program (FIRST Edu Training)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR