BERITA TERBARU
MENU

Ta'akhi

Ta'akhi

Ta'akhi merupakan salah satu program kesiswaan yang digulirkan untuk mempersaudarakan siswa kelas 4 hingga 6 SDIT ke dalam satu kelompok yang sama. Setiap kelompok berjumlah sekitar 7-8 siswa dengan anggota di dalamnya merupakan campuran kelas 4, 5 dan 6. Mereka akan dikumpulkan di moment-moment tertentu, seperti makan bareng dalam kelompok nya di jam istirahat, sambil mengenal satu sama lain, berbagi makanan, kadang diberikan tantangan berupa pemecahan masalah yg di kerjakan secara bersama-sama ( tebak gambar, atau lainnya). Mereka juga digabungkan ketika upacara, berbaris dengan kelompok ta'akhi nya, bukan lagi perkelas.

Harapannya untuk mempererat tali persaudaraan antara siswa, lebih menjalin kedekatan antara kakak kelas dengan adik tingkatnya, ataupun sebaliknya. Sehingga tidak ada lagi bullying ataupun contoh-contoh negatif dari kakak kelas. Namun justru sebaliknya,  memunculkan rasa kasih sayang yang lebih tua kepada yang lebih muda, yang lebih muda menghormati yang lebih tua, saling menasihati dan memupuk budaya berbagi.

Tentu saja program ini mengambil contoh dari sosok manusia terbaik´╗┐ di dunia dan teladan kita semua yaitu nabiyullah Muhammad SAW yang mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Anshar saat hijrah ke Madinah dulu.

Nak, jadilah kakak yang penuh kasih sayang pada adik dan jadilah adik yang hormat dan santun pada kakak.

 

Sumber : Devi Giani (Wali Kelas 5A SDIT Ummul Quro Bogor)

KOMENTAR