MENU

SELAMAT HARI TASYRIK 1440 H

Banyak yang mengira hari istimewa ummat Islam hanyalah Iedul Fithri dan Iedul Adha saja. Padahal Hari Tasyrik (Tasyriq) adalah hari istimewa bagi ummat Islam.

Nabi Saw bersabda:

يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الإِسْلاَمِ وَهِىَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
.
“Hari Arafah, hari Iedul Adha dan hari-hari Tasyriq adalah ‘Ied kami -kaum muslimin. Hari tersebut (Idul Adha dan hari Tasyriq) adalah hari menyantap makan dan minum.”
.
HR. Abu Daud no. 2419, Tirmidzi no. 773, An Nasa’i no. 3004, dari ‘Uqbah bin ‘Amir. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Apakah yang dimaksud dengan Hari Tasyriq? Rasulullah Saw bersabda:

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
.
“Hari-hari tasyriq adalah hari makan dan minum.” HR. Muslim no. 1141.

Imam Nawawi rahimahullah dalam Syarh Shahih Muslim menjelaskan:
.
“Hari tasyriq adalah tiga hari setelah Iedul Adha --yaitu 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Disebut tasyriq, karena makna tasyriq adalah mendendeng atau menjemur daging qurban di terik matahari. Dalam hadits disebutkan, hari tasyriq adalah hari untuk memperbanyak dzikir yaitu takbir dan lainnya.”
.
Nabi Saw menyatakan, Iedul Adha dan Hari Tasyriq adalah hari yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala.

إِنَّ أَعْظَمَ الأَيَّامِ عِنْدَ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَوْمُ النَّحْرِ ثُمَّ يَوْمُ الْقَرِّ
.
“Sesungguhnya hari yang paling mulia di sisi Allah Tabaraka wa Ta’ala adalah hari Iedul Adha dan Yaumul Qarr (hari tasyriq).” HR. Abu Daud no. 1765. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Pada Hari Tasyriq, dianjurkan untuk memperbanyak doa sapu jagad. Ketika menjelaskan makna QS. Al Baqarah ayat 200 – 201, para ulama menganjurkan agar pada hari-hari tasyriq kita memperbanyak membaca doa:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
.
“Rabbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina ‘adzaban nar”. Hal ini diungkapkan oleh ‘Ikrimah dan ‘Atha’.
.
Selamat menikmati Hari Tasyriq, pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah, bertepatan dengan 12, 13, dan 14 Agustus 2019. Hari dimana kita menikmati hidangan dan bahkan diharamkan berpuasa.

Sumber : fb Cahyadi Takariawan. .

KOMENTAR