MENU

Kembangkan Bakat Wirausaha Siswa

Kembangkan Bakat Wirausaha Siswa

Kemang-Ratusan siswa SMPIT Ummul Quro belajar mengembangkan minat dan bakat kewirausahaan. Caranya dengan menggelar bazar entrepreneurship dengan menjual berbagai produk kuliner. Kegiatan dengan tajuk Young Ummul Quro Enterpreneurship (YUQSHIP) itu merupakan acara tahunan, di mana siswa kelas 7 sebagai pelaksananya.

Ketua Pelaksana, Hernawati menuturkan, terdapat tiga kegiatan besar dalam YUQSHIP. Meliputi bazar makanan-minuman, penjualan barang bekas berkualitas (barbeku) dan penjualan sembako murah.

“Dalam bazar siswa didorong untuk mengerti  pengelolaan makanan dan menghitung laba usaha,” ujarnya.

Sedangkan kegiatan barbeku melibatkan seluruh siswa untuk mengumpulkan barang bekas yang masih layak pakai untuk dijual kembali dengan harga murah. Sementara, dalam penjualan bahan sembako murah, siswa memberikan separuh harga agar dapat dijangkau masyarakat.

Adapun, hasil penjualan ini kemudian akan disumbangkan pada panti asuhan yatim dan dhuafa. “Kegiatan ini bisa menjadi bekal pengalaman anak-anak kelas 7, bagaimana mereka berwirausaha dan berinteraksi dengan masyarakat,” tuturnya.

Dengan demikian, siswa dapat memahami dan menghasilkan sesuatu dari hasil jerih upaya sendiri. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, Hernawati menilai donasi yang dikumpulkan jauh lebih meningkat.

“Alhamdulillah meningkat. Memang anak juga jadi paham bahwa ketika menjual sesuatu, mereka ingat ada rezeki orang lain di situ,” ungkap Herna.

Sumber : Radar Bogor Edisi Senin, 17 September 2018 Halaman 13

KOMENTAR